Sabtu, 14 Mei 2016

Pengantar

Improvisasi dalam kuda Renggong sebagai salah satu warisan kesenian budaya Sunda saat ini merupakan bukti bahwa Pagelaran Kuda Renggong terus mengalami perkembangan dari zaman ke zamannya.

Blog ini menyuguhkan informasi mengenai Pagelaran Kesenian Kuda Rengong yang berada di daerah Sumedang mulai dari sejarah hingga perkembangan Kesenian Kuda Renggong dari sejak kemunculannya hingga saat ini.

Blog ini dibuat pada awalnya sebagai tugas akhir mata kuliah Kebudayaan Sunda di semester VI tahun 2016 oleh kelompok Asmarandana yang terdiri dari 9 mahasiswa (dari Sastra Inggris dan Sastra Arab) Universitas Padjajaran angkatan 2013. Namun, tidak ada salahnya jika hasil dari tugas di kelas Kebudayaan Sunda ini  kami sebar luaskan melalui blog ini sehingga bukan hanya sekedar sebuah tugas di kelas, melainkan menjadi tugas kami sebagai generasi penerus bangsa khususnya sebagai pemuda dan pemudi urang Sunda untuk memperkenalkan, menjaga, melestarikan serta mengembangkan budaya Kuda Renggong ini kepada seluruh masyarakat yang ada di Nusantara ini dan kepada dunia.
Dengan adanya blog ini, kami harap bisa menambah wawasan masyarakat Indonesia akan kekayaan budaya Nusantara yaitu Kuda Renggong yang penuh dengan nilai filososfi dan seyogyanya harus tetap dilestarikan sebagai kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari Sumedang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar