Selasa, 31 Mei 2016

Tahapan Pelaksanaan Kuda Renggong


  1. Persiapan
            Tahap persiapan merupakan tahap dimana Kuda Renggong dimandikan terlebih dahulu menggunakan air hangat untuk menghilangkan bau pada tubuh kuda dan dijemur dibawah sinar matahari pagi, selanjutnya dipasangkan pakaian dan perlengkapan lainnya sehingga dapat menunjang penampilan Kuda Renggong.
  1. Juprit (Pemanasan)
            Tahap pemanasan yang serngkali disebut Juprit merupakan tahap dimana Kuda Renggong dipentaskan terlebih dahulu dihalaman rumah, berkeliling membentuk lingkaran memutar, sebagai pemanasan untuk kuda agar gerakannya tidak kaku pada saat turun ke jalan. Setelah beberapa putaran barulah rombongan dan pengiring musik menuju ke luar halaman rumah untuk berkeliling desa yang diawali perjalanan mengambil arah sebelah kanan karena diyakini membawa kebaikan.
  1. Pelaksanaan
            Dalam tahap pelaksanaan, sebelum Kuda Renggong berkeliling kampung, disusun dulu tiga buah barisan yang terdiri dari para penari/masyarakat sekitar yang menari untuk memeriahkan acara (di barisan ke satu); Kuda Renggong yang ditunggangi anak yang akan disunat (di barisan ke dua); dan para pemain musik yang mengiringi Kuda Renggong (di barisan ke tiga).
  1. Kembali Ke Rumah
  2. Acara Saweran
  3. Atraksi Kuda Silat

Narasumber: Bapak Encep Suharna selaku Ketua Paguyuban Kuda Renggong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar